Nov 26, 2009

the source is open, lets go open source !!

Salam Cookie !

quote of the day gw hari ini , "lets go open source" .. :)

banyak orang mikir, apaan sih open source? kenapa mesti open source? gmn cara mulai open source?
pertanyaan yang keliatan simple, tapi ga smua orang bisa jawab dadakan pertanyaan semacem itu, termasuk gw .. :D
makanya, disini gw coba menjwab tentang apa arti sebuah open source + dengan gaya sok taunya gw.. :)


open source, kalo diartikan secara kasar, dia memiliki arti "sumber terbuka" , gw yakin semua orang tau itu, karena gw fikir segoblok-gobloknya orang, dia ga bakal sampe ngasih arti "alat kontrasepsi". Ok, back to topic, saat pertama kali diartikan secara kasar pun, kayaknya kita bisa tau apa yang dimaksud dengan sumber terbuka . pastinya tentang software yang kita bicarain disini, bukan tentang obat mencret sakit perut yang bisa kita beli di apotik dengan uang 700 perak. :D


Jadi, open source itu adalah sebuah istilah untuk sebuah perangkat lunak atau software, yang bersifat bebas untuk dirubah sumber codenya atau source code sesuai dengan kebutuhan atau hingga mencapai kompatibilitas yang kita inginkan . software disini memiliki jangkauan yang luas, dari software kecil semacem program shutdown yang pernah gw buat dulu (postingan tentang program ini ada dibawah, open source lohh ! :D) , alat pemutar media , hingga sebuah operating system atau OS yang memiliki puluhan juta kode baris . tapi inget, ga semua yang berbasis open source itu gratis , tapi kebanyakan iya ko .. :D

buat kalangan pengguna Linux Operating System , gw yakin istilah open source bukan hal yang aneh lagi buat mereka , karena pada dasarnya , semenjak pada tahun 1983, waktu Richard Stallman mengumumkan sebuah proyek yang dinamakan GNU , semua orang bisa merasakan Unix dengan GRATIS !! . yep betul, gratis . ko bisa ? , bisa semenjak pada tahun 1985 om Richard mengembangkan General Public License GNU, atau biasa disebut GNU GPL .

yang gw jabarin diatas cuma contoh kecil dari sebuah open source, contoh lainya yaitu dari sebuah vendor VGA , Nvidia . siapa yang ga kenal nvidia ngacung !!! .. berarti lo ga gaul di kalangan dunia komputer B-) , ato jangan" masih maen game semacem Supaplex yang masih berbasis DOS yang ga butuh VGA? haha .. becanda ko' .. :D

Nvidia melepaskan beberapa softare driver untuk hardwarenya menjadi opensource. loh , kenapa?? karena sudah banyak para pengguna PC atau Laptop yang beralih OS menjadi GNU/Unix sehinnga, software driver yang dimiliki Nvidia tidak compatible dengan GNU/Unix, karena pada dasarnya , software mereka kebanyakan cuma buat sang raksasa software , Microsoft dengan produknya Windows . jadi, sedikit perlu mengutak-atik source codenya suapaya compatible dengan si GNU/Unix .

kenapa contoh yang gw kasih selalu berhubungan dengan GNU, atau Linux? karena GNU atau Linux merupakan contoh terbaik yang dinominasikan sebagai open source , walaupun masih banyak contoh lain.

dan gw mencoba jawab pertanyaan terakhir , gimana cara mulai open source? , mulai dengan install linux di PC atau laptop lo .

selamat mencoba , lets go open source !

It's peang.cookie !!!

No comments: